RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) AWAL
Mata Diklat : Matematika
Kelas / Semester : XI / 1
Program : IPA
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran @ 45 Menit
1. Standard Kompetensi :
Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya.
2. Kompetensi Dasar :
Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang
ditentukan.
3. Indikator :
● Merumuskan persamaan lingkaran berpusat (0,0) berjari – jari r.
● Merumuskan persamaan lingkaran berpusat (a,b) berjari – jari r.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Menentukan rumus persamaan lingkaran berpusat (0,0) berjari – jari r.
2. Menentukan rumus persamaan lingkaran berpusat (a,b) berjari – jari r.
II. Materi Pembelajaran.
1. Menentukan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) berjari – jari r dengan menggunakan teorema phytagoras.
2. Menurunkan persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b) berjari – jari r.
III. Metode Pembelajaran.
1. Ceramah
2. Latihan Soal.
IV. Langkah – langkah ;
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dimuka, langkah – langkah pembelajaran dirancang agar dapat diselesaikan dalam 1 kali tatap muka ( 2 jam pelajaran x 45 menit ) dengan strategi pembelajaran sebagai berikut :
a. Pendahuluan.
Tahap pendahuluan melakukan appersepsi selama 7 menit dengan tujuan memberikan motivasi siswa untuk memperhatikan materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru.
Dalam kegiatan ini antara lain :
1). Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, baik standard kompetensi maupun kompetensi dasar .
2). Guru melakukan absensi siswa.
b. Kegiatan Inti .
Kegiatan Inti dilakukan selama 75 menit untuk alokasi waktu 2 jam pelajaran X 45 menit dengan kegiatan pokok yang dilakukan dalam proses pembelajaran, yaitu :
1). Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan metode ceramah dalam proses pembelajaran.
2). Guru memberikan contoh soal dan penyelesaiannya.
3). Guru memberikan latihan soal .
4). Siswa mengerjakan soal latihan.
5). Siswa mempresentasikan dan validasi hasil jawaban.
6). Guru melakukan tes tertulis.
c. Penutup.
Penutup merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri satu kali pertemuan selama 8 menit. Kegiatan yang dilakukan antara lain :
1). Guru bersama siswa membuat rangkuman materi.
2). Memberikan tugas secara individu .
V. Alat / Bahan / sumber Belajar / Media Pemelajaran.
A. Alat : 1. White Board.
2. Spidol
B. Bahan : 1. Kertas .
2. Spidol berwarna.
C.Sumber Belajar: ● Modul Persamaan Lingkaran dan Garis
Singgung.
· Matematika untuk SMA kelas XI , Sukino
· Matematika SMU Kelas 2 ; Husein Tampomas
· Matematika SMU Kelas 1; Sartono W
· Referensi lain yang relevan.
D. Media : -
VI. Penilaian
A. Tes Lisan ( Pre tes ).
B. Tes tertulis ( Post Tes ) : Dilaksanakan pada pertemuan ke 2
dengan alokasi waktu 45 menit , soal, kunci dan norma terlampir.
kota, 1 Nopember 2010.
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Matematika
sangat membantu
ReplyDeletemakasih