Tuesday, April 12, 2011

contoh RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)  AWAL
Mata Diklat                :           Matematika
Kelas / Semester      :           XI / 1
Program                     :           IPA
Pertemuan ke           :           1 dan 2
Alokasi Waktu          :           3  jam pelajaran @ 45 Menit


 

1.         Standard Kompetensi       :
Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya.

2.         Kompetensi Dasar             :
Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan  yang
ditentukan.
3.         Indikator                               :
          Merumuskan persamaan lingkaran berpusat (0,0) berjari – jari r.
                      Merumuskan persamaan lingkaran berpusat (a,b) berjari – jari r.

I.          Tujuan Pembelajaran        :
1.           Menentukan rumus persamaan lingkaran berpusat (0,0)  berjari – jari r.
2.           Menentukan rumus persamaan lingkaran berpusat (a,b)  berjari – jari r.

II.         Materi Pembelajaran.
1.         Menentukan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) berjari – jari r dengan  menggunakan teorema phytagoras.
2.         Menurunkan persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b) berjari – jari r.
III.        Metode Pembelajaran.
            1.         Ceramah 
            2.         Latihan Soal.
IV.       Langkah – langkah ;
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dimuka, langkah – langkah pembelajaran dirancang agar dapat diselesaikan dalam 1 kali tatap muka ( 2 jam pelajaran x 45 menit ) dengan  strategi pembelajaran sebagai berikut :





a.         Pendahuluan.
Tahap pendahuluan melakukan appersepsi selama 7 menit dengan tujuan memberikan motivasi siswa untuk memperhatikan materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru.
Dalam kegiatan ini antara lain :
1).        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, baik standard kompetensi maupun kompetensi dasar .
2).        Guru melakukan absensi siswa.
b.         Kegiatan Inti .
Kegiatan Inti dilakukan selama 75 menit untuk alokasi waktu    2 jam pelajaran X 45 menit dengan kegiatan pokok yang dilakukan dalam proses pembelajaran, yaitu :
1).        Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan metode ceramah dalam proses pembelajaran.
2).        Guru memberikan contoh soal dan penyelesaiannya.
3).        Guru memberikan latihan soal .
4).        Siswa mengerjakan soal latihan.
5).        Siswa mempresentasikan dan validasi hasil jawaban.
6).        Guru melakukan tes tertulis.
c.         Penutup.
Penutup  merupakan  serangkaian   kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri satu kali pertemuan selama 8 menit. Kegiatan yang dilakukan antara lain :
1).        Guru bersama siswa membuat rangkuman materi.
2).        Memberikan tugas secara individu .
V.        Alat / Bahan / sumber Belajar / Media Pemelajaran.
            A.        Alat                             :           1.         White Board.
                                                                        2.         Spidol
            B.        Bahan                                    :           1.         Kertas .
                                                                        2.         Spidol berwarna.
           
C.Sumber Belajar:                        Modul Persamaan Lingkaran dan Garis
                                                            Singgung.
·         Matematika untuk  SMA kelas XI , Sukino
·         Matematika SMU Kelas 2 ; Husein Tampomas
·         Matematika SMU Kelas 1; Sartono W
·         Referensi lain yang relevan.

            D.        Media                         :           -
VI.       Penilaian
A.           Tes Lisan ( Pre tes ).
B.           Tes tertulis ( Post Tes ) :      Dilaksanakan pada pertemuan ke 2
dengan alokasi waktu 45 menit , soal, kunci dan norma terlampir.
kota, 1 Nopember  2010.
            Mengetahui : 
            Kepala Sekolah,                                          Guru Matematika

1 comment: